CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Hallo, Selamat datang di Blog saya. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: My Learning Place
Ditulis Oleh Devi Elisa
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Sabtu, 31 Agustus 2013

Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi berarti suatu cara systematis dalam mempelajari makhluk hidup, dengan memperhatikan  persamaan dan perbedaan cirri dan sifat kelihatan. Klasifikasi bertujuan untuk, mmpermudah dalam  mempelajari makhluk hidup, mengetahui manfaat masing – masing jenis makhluk hidup, dan memgetahui  adanya saling keterantungan antara makhluk hidup.
  A.  Klasifikasi Sederhana
Topik pertama yang mengelompokkan makhluk hidup bernama Aristoteles. Klasifikasi makhluk  hidup dilakukan berdasarkan jenis makanannya, persamaan habitat atau manfaatnya. Berdasarkan jenis  makanannyaa hewan dikelompokkan menjadi karnivor, herbivore dan omnivor. Berdasarkan habitatnya,  tumbuhan dikelompokkan menjadi xerofit, hidrofit dan higrofit. Xerofit adalah tumbuhan yang berhabitat di  lingkungan sangat kering. Hidrofit adalah tumbuhan yang berhabitat di lingkungan yang air. Higrofit  adalah tumbuhan yang berhabitat di lingkungan yang lembap. Berdasarkan manfaatnya, tumbuhan dapat di  kelompokkan menjadi tumbuhan sandang, pangan, dan papan.
  B.    Klasifikasi Carolus Linnaeus
Klasifikasi Carolus Linnaeus mengelompokkan makhluk hidup yang disebut
Takson. Tingkatan takson mulai dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah.
Contoh tingkatan takson pada tumbuhan dan hewan, yaitu :
Takson Tumbuhan
Takson Hewan
Dunia / Kerajaan
Dunia / Kerajaan
Divisio
Filum
Kelas
Kelas
Bangsa
Bangsa
Suku
Suku
Marga
Marga
Jenis
Jenis

   C.    Kalsifikasi System Filogenik
Kalsifikasi System Filogenik disusun berdasarkan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antar  kelompok makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya. Kalsifikasi System Filogenik juga disusun      berdasarkan Fenotipe, Faal, Tingkah laku, dan Pewarisan sifat – sifat keturunan.


   D.    Klasifikasi Sistem Lima Kingdom
Dalam kalasifikasi system lima kingdom makhluk hidup dikelompokkan menjadi Kingdom Monera, Protista, Fungi, Plantae, Dan Animalia.
1.      Kingdom Monera
Monera terdiri atas bakteri dan cyanophyta ( ganggang hijau ). Persamaan
keduanya ialah sama – sama sama – sama tersusun dari sel yang bersifat prokariotik, yaitu sel yang intinya tidak mempunyai membran ( selaput ) inti,
2.      Kingdom Protista
Protista adalah sekelompok makhluk hidup uniseluler atau multiseluler. Terdiri
atas Protozoa dan ganggang, kecuali ganggang hijau.
3.      Kingdom Fungi
Fungi adalah organisme eukarotik bersel banyak dan menguraikan makanannya serta menyerapnya. Contoh Kingdom Fungi, antara lain : jamur
4.      Kingdom Plantae
Plantae adalah makhluk hidup multiseluler, sel – selnya bersifat eukariotik, dan mampu melakukan fotosintesis. Kingdom Plantae meliput Bryophyta, Pteridophyta dan Spermatophyta. Berdasarkan letak bakal bijinya, Spermatophyta dibagi menjadi dua subdivision, yaitu Gymnospermae dan Angiospermae.
5.      Kingdom Animalia
Animalia adalah organism eukariotik bersel banyak yang bersifat heterotrof, antara lain Porifera, Coelenterata, Vermes, Mollusca dan Echinodermata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar