CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Hallo, Selamat datang di Blog saya. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: My Learning Place
Ditulis Oleh Devi Elisa
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Senin, 21 Oktober 2013

Makanan dan Fungsinya bagi Manusia



Makanan dan Fungsinya bagi Manusia
Makanan membuat tubuh dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh. Fungsi makanan yang paling utama ialah menyediakan energi untuk melakukan semua bentuk kerja misalnya untuk berjalan, berolahraga, membaca bahkan untuk tidur.
Satuan energi yang dihasilkan oleh bahan makanan adalah kilokalori atau kilojoule ( 1 kilokalori =  4,2 kilojoule ). Makanan yang telah dimakan akan diuraikan oleh tubuhmu menjadi nutrient (zat makanan) yang dapat diserap oleh tubuh. Ada enam kelompok nutrient yang diperlukan untuk kesehatan manusia, yaitu karbohidrat lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Kekurangan salah satu dari enam kelompok nutrient tersebut akan menyebabkan penyakit defisiensi.
1.      Karbohidrat berfungsi    :
-          Sebagai Sumber Energi (1 gran karbohidrat menghasilkan 4,1 kalori)
-          Menjaga keseimbangan asam dan basa
-          Berperan dalam proses metabolisme
-          Berperan dalam pembentukan sel jaringan, dan organ
Tubuh manusia menyimpan karbohidrat di organ hati dan otot. Kekurangan karbohidrat dapat menyebabkan busung lapar (kwasiokor). Apabila mengkonsumsi karbohidrat melebihi kebutuhan energinya, maka kelebihan karbohidrat tersebut akan diubah menjadi glikogen atau lemak.
2.      Protein berfungsi  :
-          Sebagai Sumber Energi bahan pembentukan substansi penting ( hormon, enzim, antibodi, dan kromosom )
-          Sebagai pertahanan tubuh
-          Pemeliharaan dan perbaikan sel, jaringan, organ
-          Menjaga keseimbangan cairan tubuh dan keseimbangan asam dan basa
Sumber protein nabati misalnya kacang kacangan, sedangkan sumber protein hewani misalnya ikan, telur, daging, dan susu. Kekurangan protein mengakibatkan pertumbuhan terhambat, sedangkan jika kelebihan protein akan diubah menjadi senyawa nitrogen yang di buang melalui ginjal.
3.      Lemak berfungsi  :
-          Sumber Energi
-          Menghasilkan energi ( 1 gram lemak menghasilakan energi 9,1 kalori ).
-          Pelarut vitamin A,D,E dan K
-          Pelindung organ dalam tubuh, misalnya mata, ginjal, dan, jantung
-          Isolator di bawah kulit, untuk menhgindari hilangnya panas tubuh agar tubuh tidak kedinginan.
Sumber lemak dapat berasal dari hewan atau tumbuhan. Lemak yang berasal dari hewan disebut lemak hewani, misalnya daging, mentega, susu, telur, dan minyak ikan. Lemak yang berasala dari tumbuhan disebut lemak nabati, misalnya kelapa, kemiri, kacang, dan avokad. Pasa proses pencernana di dalam tubuh, lemak di ubah menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan enzim.
4.      Vitamin
Vitamin berfungsi sebagai konziem yang berperan sebagai biokatalisator, yaitu zat yang membantu mempercepat reaksi – reaksi zat dalam tubuh. Kekurangan vitamin di dalam tubuh disebut avitaminosis. Vitamin B dan C larut dalam air, sedangkan vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak.
Berikut beberapa vitamin    :
a.    Vitamin yang larut dalam air, antara lain B1, B2, B6, B12, dan C
1)      Vitamin B1, berfungsi mengatur metabolism karbohidrat dan kadar air dlam tubuh. Sumbernay adalah daging sapid an kacang – kacangan. Kekurangan vitamin B1 menyebabkan beri – beri.
2)      Vitamin B2, berperan dalam respirasi sel. Sumbernya adalah susu, daging ayam, telur, padi – padian, sayuran hijau, kacang – kacangan. Kekurangan vitamin B2 menyebabkan kelioso yaitu luka di sudut mulut dan penglihatan menjadi kabur karena lensa mengeruh.
3)      Vitamin B6, berfungsi dalam pembentukan sel darah dan kerja saraf. Sumbernya kecambah, gandum, kacang – kacangan, pisang, sayur, alpukat dan ikan. Kekuranagn vitamin B6 menyebabkan anemia dan kejang – kejang.
4)      Vitamin B12, befungsi mencegah kurang darah. Sumbernya daging, telur, dan susu. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan anemia.
5)      Vitamin C, berfungsi mengaktifkan perombakan protein, lemak, pembentukan trombosit dan memengaruhi kerja kelenjar anak ginjal. Sumbernya adalah sayur dan buah – buah segar. Kekurangan vitamin C dpat mengakibatkan skorbut yaitu pendarahan pada gusi, bawah kulit, dan usus.
b.    Vitamin yang tidak larut dalam air, missal A, D, E, K
1)      Vitamin A, diperlukan untuk kesehatan mata karena membantu proses penerimaan rangsang cahaya oleh sel batang di retian dan kehalussan kulit. Sumbernya dalah hati, kuning telur, minyak ikan, dll. Kekurangan vitamin A menyebabkan rabun senja, dan kulit bersisik.
2)      Vitamin D, untuk meningkatkan penyerapan zat kapur, dan memengaruhi proses penulangan. Sumbernya adalah kuning telur, susu, mentega, dll. Kekurangan vitamin D dapat mengakibatkan rakhitis, yaitu terganggunya proses penulangan.
3)      Vitamin E, untuk mencegah pendarahan dan kemandulan. Sumbernya adalah margarine dan kecambah.
4)      Vitamin K, berperan dalam pembekuan darah. Sumbernya adalah sayuran hijau, kedelai, tomat, dan kol. Vitamin dapat dihasilakan tubuh sendiri di dalam usus besar dengan bantuan bakteri Escheria coli. Kekurangan vitamin K menyebabkan gangguan proses pembentukan protrombin dalam hati sehingga darah sukar membeku bila terjadi luka.
5.      Garam – Garam Mineral
Garam mineral diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Tiap – tiap unsur garam mineral mempunyai fungsi tertentu di dalm tubuh. Penyakit kekurangan mineral disebut defisiensi mineral. Contoh garam – garam mineral :
a.       Kalsium ( Ca )
b.      Besi ( Fe )
c.       Iodin ( I )
d.      Fosforus ( P )
e.       Kalium ( K )
f.       Natrium ( Na )
g.      Fluorin ( F )
h.      Klorin ( Cl )
6.      Air
Air merupaka komponen terbesar penyusun protoplasma. Sekitar 60% dari berat tubuh manusia adalah air. Di dalam tubuh, air berfungsi untuk :
a.    Melarutkan zat makanan dan mempercepat reaksi kimiawi tubuh
b.    Mengankut zat sisa pembakaran yang tidak terpakai
c.    Mengangkut berbagai substansi di dalm tubuh
d.   Membentuk cairan tubuh
e.    Mengatur panas tubuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar