CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Hallo, Selamat datang di Blog saya. Semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.
Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul: My Learning Place
Ditulis Oleh Devi Elisa
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih

Selasa, 29 Oktober 2013

Paragraf



Paragraf
Paragraf / alenia adalah seperangkat kalimat yang membahas satu topik atau hanya mengacu pada satu gagasan pokok. Jadi, suatu paragraf tidak boleh mengandung dua topik. Topik dibuangkan ke dalam suatu kalimat yang disebut dengan kalimat topic atau kalimat utama.
1.      Paragraf  Deduktif ( awal )
Paragraf  Deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik, kemudian diikuti dengan kalimat – kalimat penjelasan yang berfungsi menjelaskan kalimat topik tersebut.
2.      Paragraf  Induktif ( akhir )
Paragraf  Induktif adalah paragraf yang dimulai dengan mengemukakan penjelasan – penjelasan, kemudian baru diakhiri dengan kalimat topic.
3.      Paragraf  Variatif atau Campuran
Paragraf  Variatif atau Campuran adalah paragraph yang dimulai dengan mengemukakan persoalan – persoalan pokok atau kalimat topik. Kalimat topik yang ada pada akhir paragraph merupakan penegasan dari awal paragraf.
4.      Paragraf  Naratif atau Descriptif
Paragraf  Naratif atau Descriptif adalah paragraf yang pikiran utamanya tidak dinyatakan secara jelas dalam paragraf itu. Jadi, pikiran utamanya tersebar diseluruh kalimat yang membangun paragraf tersebut.
Berdasarkan fungsinya, paragraf  dibedakan atas :
1.      Paragraf  Pembuka
Paragraf  pembuka berperan sebagai pengantar untuk sampai pada masalah yang alkan diuraikan. Paragraf pembuka harus dapat menarik minat pembaca, serta sanggup menyiapkan pikiran pembaca pada masalah yang akan diuraikan.
2.      Paragraf  Penghubunh
Masalah yang diuraikan terdapat dalam paragraf penghubung. Jadi, paragraf ini berisi inti persoalan yang akan dikemukakan.
3.      Paragraf  Penutup
Paragraf  penutup berisi kesimpulan dari paragraf  penghubung atau dapat juga berisi penegasan kembali, mengenai hal – hal yang diangggap penting dalam paragraf  penghubung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar